VISI & MISI Kandidat Ketua UMUM HIMSENA UNHAS

MAKALAH VISI Dan MISI SERTA PROFIL KANDIDAT
"Sebagai anak negeri dan penerus generasi bangsa ini, untuk para pemuda diseluruh tanah air seyogyanya saatnya bergerak merumuskan kerangka baru dalam mewujudkan cita-cita bersama, bahwa Indonesia saat ini membutuhkan para pemimpin yang bermoral yang mampu membawa arah pembangunan demokrasi menuju kedaulatan dan kemandirian."

A.    Identitas Pribadi
Nama Lengkap                 : Eko Syamsuharlin
Tempat Tanggal Lahir        : Bantaeng 5 Juni 1990
Alamat                             : Jl. Batua Raya 5 No. 12 Makassar
Jenis Kelamin                    : Laki-Laki
Suku                                 : Bugis Makassar
 Agama                             : Islam
No. Telp                           : 085299606812
Nama Orang Tua
-          Ayah                           : Syamsuddin
-          Ibu                              : Juslina S.E
 B.     Riwayat Pendidikan formal
1999-2002 Sekolah Dasar Inpres Teladan Merpati Bantaeng
2002-2004 Ponndok  Pesantren Babul Khaer Bulukumba
2004-2005 SMP Neg. 2 Bonto Bahari Bulukumba
2005-2008 SMA Neg. 1 Bulukumba
C.    Pengalaman Organisasi  
  •       Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Makassar Timur Komisariat Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin 
  •       Pengurus Biro Kesekretariatan dan rumahtangga Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan, Periode 2009-2010. 
  •       Wakil Sekertaris Umum Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan, Periode 20010-2011 
  •       Pengurus Kerukunan Keluarga Mahasiswa Bulukumba (KKMB) Kom. UNHAS
D.    Training Yang Pernah Diikuti
·         2008 Sosialisasi Pengenalan Study Lapang (SPSL 08)  HIMSENA-UH
·         2008 PPM HIMSENA-UH
·       2008 Basic Training Himpunan Mahasiswa Islam Cab. Makassar Timur Kom. Perikanan  Universitas Hasanuddin
·         2010 Intermediate Training Himpunan Mahasiswa Islam Cab. Tenggarong Kalimantan Timur 

A.    Latar Belakang
Dalam perjalanan sejarah bangsa ini, lika-liku arah pembangunan ideologi dan fisik negeri ini selalu dirongrong baik dari dalam maupun dari luar. Indonesia pernah dipimpin oleh tokoh-tokoh yang penuh kontroversial, Soekarno dan Soeharto. Kedua tokoh penuh dengan gunjingan baik didalam negeri mau pun didunia. Tetapi itu semua telah berlalu, masa lalu dan warna-warni yang penuh tanda tanya besar tentang kebenaran sejarah yang ditorehkan maupun yang diceritakan. Perdebatan tentang sejarah ini memang masih banyak yang dirahasiakan dan banyak pihak menutup rapat tentang kebenaran kebenaran yang ada, banyak para pelaku sejarah yang hingga kini masih hidup dan merupakan menjadi saksi kunci dari beberapa peristiwa yang ada di Negeri ini belum sepenuhnya meluruskan sejarah yang benar. Karena terkait beberapa hal yang bisa menodai tokoh para pemimpin bangsa ini, mereka lebih baik diam dan hanya membicarakan yang baik-baik saja tentang tokoh tersebut. Ini lah wajah Indonesia sekarang yang dalam banyak hal harus dicermati bersama. Walaupun banyak tentang tesis yang belum sepenuhnya memuaskan hasrat rasa keinginan mengetahui kebenaran sejarah, paling tidak ada beberapa hal yang dinilai bahwa Negara ini masih banyak tangan-tangan tersembunyi yang merantai dan membelunggu kebenaran, demokrasi serta kedaulatan bangsa. Bisa dikatakan negara ini belum sepenuhnya merdeka.
Apa yang bisa dilakukan oleh para pemuda saat ini adalah bagaimana ia bisa melakukan pembenahan dari diri sendiri, sebenarnya ia mampu dan mempunyai peran dalam menciptakan stabilitas nasional yang bermula dari individu pribadi, keluarga, sekolah, kampus, desa lalu kota. Pembenahan tersebut melalui membentuk kesadaran rasio terhadap individu dan penyadaran terhadap orang lain bahwa semuanya harus menciptakan komunal-komunal yang benar-benar mempunyai visi dan misi untuk kepentingan bersama yang tidak terkooptasi hanya untuk kepentinngan kelompok semata.
Tetapi realitas yang ada sangatlah sulit dalam mewujudkan cita-cita yang luhur untuk membangun bangsa ini, skeptisisme selalu menghantui jiwa-jiwa pribadi maupun kelompok. Keraguan-keraguan yang ada ada dalam diri, selalu membayangi alam bawah sadar, sehingga kita selalu terjebak dalam lingkaran setan dan asusmsi--asumsi yang ada.
Presepsi inilah yang harus kita buang jauh-jauh, bahwa sebenarnya kita mampu untuk bergerak untuk melakukan perubahan yang ada. Semua orang punya mimpi-mimpi yang terpendam dan tak terungkapkan, bagaimana menjadikan mimpi itu menjadi sosok wujud nyata adalah tugas bersama yang harus didukung oleh kesadaran rasio yang tinggi, saling memiliki komitmen, rasa kebersamaan dan kepercayaan terhadap potensi orang lain satu dengan yang lainnya. Namun terkadang kitapun harus mampu memahami bahwa semuanya itu membutuhkan suatu wadah, sebagai salah satu patron mengayomi segala bentuk aliansi-aliansi gerakan kepemudaan, mengaktuliasikan potensi diri dalam sebuah wacana intelektualitas. 
Di usianya yang menginjak 24 tahun, Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Peternakan telah memberi warna baru untuk Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan di tingkatan Fakultas Peternakan sampai pada tingkatan Universitas Hasanuddin dan perguruan tinggi lainnya, khususnya bangsa Indonesia kedepan. Melekatnya ciri intelektualitas harus diyakini adalah sebuah hal yang tidak hadir begitu saja, diperjuangkan dengan niat yang begitu ikhlas sebagai bagian dari pengabdian untukn-ya, Tuhan segala tuhan. Menjaganya adalah sebuah kemutlakan dengan mempertahankan atau meningkatkan iklim yang telah ada. Meningkatkan adalah dengan lebih mengkonkritkan Intelektualitas yang lebih melekat demi masyarakat sekitar. Intelektual bukan menara gading  yang tidak tersentuh atau hanya sekedar realitas internal. Intelektual harus membumi dengan realitas sosial yang ada. Olehnya itu, izinkan kami memulai niat dan ikhtiar untuk menyinambungkan gerak intelektual Mahasiswa Menuju Kecerdasan Berlembaga dan Kecerdasan Akademik, yang telah hampir rapuh ditelan probleme zaman kompleksitas global . 
B. Visi dan Misi
Visi
Optimalisasi Peran Himsena UH dalam mewujudkan sinergitas Tujuan Himsena UH Dan Tridarma Perguruan Tinggi
Misi
1.  Optimalisasi peran HIMSENA-UH, Merangkul seluruh aspirasi mahasiswa Khususnya mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan, Sebagai bentuk keseriusan untuk menjadi representasi mahasiswa.
2.   Mewujudkan transparansi dalam kerja, keuangan, maupun informasi yang bersifat publik.
3.  Membangun Organisasi HIMSENA-UH yang professional, member value added bagi anggotanya, dan memberikan rasa kekeluargaan yang menyenangkan.
4. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam rangka menyukseskan program kerja organisasi.
5.  Memanfaatkan keberadaan perkembangan teknologi, informasi, dan ilmu pengetahuan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan program kerja organisasi.
 C. Penutup
Demikianlah Makalah ini kami buat sebagai salah satu refrensi kita kedepan dalam sebuah visi dan misi dan orentasi kami, dalam menjalankan roda-roda organisasi nantinya, semoga  kita semua senantiasa dalam keridhan Allah SWT, Amien.


Category Article ,

What's on Your Mind...